Wednesday, November 19, 2014

[Review Oli 10w-40 Part 2] Shell Advance Ax 7; Motul 5100 Technosynthese; Liquimoly Racing; Amsoil; dan Total Hi-Perf Racing [10w-50] di CB150R Street Fire!


Lanjutan dari review oli part 1 untuk CB150R Street Fire yang bisa di akses disini. 

Liquimoly Racing 4T 10W-40 (Synthese)


Oli yang ketiga dalam review kali ini adalah Liquimoly Racing 4T 10W-40 Sintetis. Setau saya oli ini hanya saya temui di Toko OLI TODA, jika anda penghuni ibukota seharusnya tidak asing lagi dengan toko oli toda. Artikel oli toda bisa dibaca disini atau mencari alamatnya di Google. Dengan bandrol yang sama dengan Oli Motul 5100 Techno dikisaran 120ribu sampai 135ribu oli ini bisa anda bawa pulang atau Ganti gratis di Toda. 

Impresi pertama menggunakan oli ini suara mesin sedikit lebih krispi daripada Motul dan Performa oli dimesin CB150R sangat bagus, Performa mesin terus mengisi disemua lini putaran mesin tidak seperti motul permindahan gigi sangat mudah tanpa kendala berarti. Walaupun dengan embel-embel oli Racing disiksa dalam kemacetan parah oli ini menunjukan performa yang sangat baik! terbukti dalam masa pakainya oli ini pernah 2 bulan saya endapkan dalam motor sehabis kecelakaan dan terakhir saya paksa oli menjelajahi pantura bersama rombongan perantau pada arus balik lebaran! Digeber berjam-jam dipantura mesin tetap prima dan setelah itu masih saya pakai bekerja dijakarta. Dan yang nyata dari oli ini konsumsi bensin jadi lebih irit! 

Percaya atau tidak pada saat mesin panas coba pegang blok mesin! anda dapat merasakan blok mesin masih mampu dipegang oleh tangan walaupun memang cenerung panas! Oli Impor dari eropa dengan botol kotak hitam oli ini mempunyai corong selang yang bisa ditarik keluar membantu saat mengganti oli. Fitur ini mirip dengan kemasan brand dalam negeri yang berbau seperti permen karet, sayang produksi terbaru fitur ini dihilangkan. Sekali lagi oli ini sangat bagus! hanya sekali saya memakai oli ini dikarenakan waktu itu Stock TODA kosong dan ketersediaan barang tidak pasti! Pemakaian saya cukupkan di 2500 Km karena oli pernah dipakai arus balik 8 jam nonstop.

kelebihan :
  • Performa mesin Top dan stabil.
  • Kipas jarang menyala dan suhu mesin lebih ADEM!
  • Konsumsi BBM lebih irit!
  • Tarikan mesin ringan 11/12 dengan Motul.
  • Recommended untuk perkotaan maupun jarak jauh.
kekurangan :
  • Sangat Susah mendapatkan oli ini Selain di TODA
  • Bandrol Oli yang lumayan mahal sama dengan motul. 

NILAI : 9/10

Amsoil 10W-40 (Synthetic)

Amsoil 10W-40
Lanjut Oli berikutnya, pembaca semua pasti jarang temui ini oli. Oli Sintetis ini berasal dari Amerika yang konon kabarnya OLI dengan Spesifikasi tertinggi dan tingkat keausan komponen paling rendah saya pun sebenarnya penasaran dengan oli ini. Eitsss... tunggu dulu, banyak keganjilan yang saya rasakan dengan oli ini.
Pertama Oli ini sejatinya dibandrol 260ribu di ACE Hardware. Jelas Oli ini memang oli import dengan kualitas top. Kedua saat sedang galau menunggu kabar stock Liquidmoly ditoda yang tak kunjung datang saya menemukan oli ini di sebuah toko racing dijakarta barat dengan bandrol hanya 160ribu! ketiga pada saat ganti oli motor saya tinggal di AHASS dan sekalian service.

Hehehe janggal memang tapi itu kenyataannya, Siapa yang tidak Ngiler dengan oli ini?dengan harga murah lagi. Cukup percaya awalnya tetapi yang jadi permasalahan adalah kesibukan yang memaksa service ditinggal dan entah sepertinya oli MPX yang dimasukkan ke dalam CB150R. Rasanya aneh kopling jadi serasa lembek, mesin tidak ada tenaga, konsumsi BBM lumayan boros. Tidak enak banget!
Saya berkesimpulan bisa jadi saya membeli oli palsu, atau saya di curangi oleh mekanik AHASS tapi sudah lah jangan berburuk sangka anggap saja saya apes. Poin kelebihan, kekurangan saya tidak akurat karena problem yang saya hadapi.

kelebihan :
  • TOP Brand OIL
kekurangan :
  • Bandrol sangat mahal
NILAI : 6/10

1 comment: