Sunday, June 1, 2014

Ganti Saklar Sein Tanpa Bongkar Batok Lampu(Do It Yourself = DIY)

Honda Suprafit New
Beberapa saat lalu, ketika berangkat kantor dengan si Honda Supri Pit, tiba-tiba terjadi kejanggalan saat berbelok. Saklar sein supripit ngambek tidak mau di operasikan. Pencet, Pencet, Pencet. He..lha..dalah..ternyata tombol saklar seinnya pecah dan jatuh dijalan “yah, ga bakalan bisa pake sein nih."


Tombol Sein Pecah
Akhirnya beberapa hari tetep dipakai aja tuh motor, kadang ngeri juga ga pakai sein. Terpaksa pakai jurus lambaian tangan, itu pun terasa merepotkan. Mumpung week end mampir warung sparepart pinggir jalan nebus saklar sein ini, harganya ga mahal 25rb murah kan?daripada bikin sendiri repot! Mumpung di bengkel nebus lampu sekalian lampu halogen merek osram karena kadang lampu sudah berkedip-kedip daat dikendarai, kalau mendadak mati wah bahaya kalau ketemu Pak Polisi dijalan.


Lampu Osram Halogen dan Saklar Sein Baru Suzuki
Eits kok saklarnya mereknya suzuki? bener suzuki, Wah ternyata untuk beberapa motor merek jepan menggunakan common part terhitung supra fit new, Supra X125, Vario dan motor bebek suzuki sama-sama menggunakan part model ini, jadi bisa saling tukar. Untuk lampu belum jadi pasang karena keterbatasan alat yaitu kunci T ukuran 8.
Yasudah deh, mari kita lanjutkan... hanya bermodal obeng minus (–) yang agak besar bisa pakai bawaan motor, congkel salah satu sisi saklar assy ini.

Congkel Dengan Obeng Minus(-)
Jika sudah terbuka setengah congkel sisi lain nya sehingga saklar dapat di tarik keluar dan saklar serta kabelnya terjulur keluar. Warning!Hati-hati jangan sampai merusak bodi batok tempat saklar ini terpasang.

Tarik Perlahan Sampai Terjulur Keluar
Setelah itu copot saklar dan ganti dengan yang baru, lepas saklar lama dengan cara tekan kedua pentolan di soket berwarna merah dekat dengan ujung kabel kemudian tarik. Setalah itu ganti dengan saklar yang baru. Socket ini tidak dapat di bolak balik jadi aman pada saat memasang kembali tidak akan kesulitan.

Pasang Saklar Baru
Setelah semuanya terpasang, ingat jangan lupa untuk di tes! Kadang ketika pemasangan belum benar merepotkan kalau harus membongkar lagi saklar sein ini. Jika semuanya sudah pasti benar dan sein menyala, saat nya untuk mengembalikan saklar ke posisi semula. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan dorong saklar masuk sampai berbunyi klik dan pastikan saklar tepat masuk ke tempatnya. Ingat jangan sampai merusak dudukan saklar ini.


Saklar Baru Terpasang, Jangan Lupa Cek Lagi.
Terakhir Cek kembali kerja saklar dan pastikan lampu sein nyala dengan benar! Done! kerjakan sendiri kalau memang kerjaan itu gampang, irit bisa tambah ilmu dan ngurangin ongkos buat pasang di bengkel.
Semoga Berguna!

Victorious Bikers.

No comments:

Post a Comment