Wednesday, November 26, 2014

Mengatasi Soket Alternator Meleleh, CB150R Street Fire!



Salah satu keluhan yang sering terjadi pada honda CB150R SF adalah melehnya soket alternator. Gejala awal problem ini susah diketahui oleh orang awam, tetapi sebenarnya mudah. Ketika kendaraan anda dikendarai dimalam hari, panel dan lampu utama anda akan terlihat seperti berkedip-kedip. Gejala paling parah adalah aki anda akan mudah soak. Jika hal tersebut terjadi pada CB150R SF anda sebaiknya cek bagian ini!


Soket Aternator Gosong
Kelemahan di bagian soket alternator ini karena kualitas kabel yang kurang tebal dan kuningan skun soket yang longgar membuatnya panas berlebih mengakibatkan soket meleleh. Bisa dilihat untuk kuningan skun yang dipakai kurang sempurna mengikat kabel. Sementara itu mekanik Ahass yang sering menjangkau tempat ini untuk memasang alat HiDS membuat soket ini sering tertarik dan membuat longgar.

Soket 6 Kaki
Jika teman CB150R SF yang mengalami soket terlanjur meleleh solusinya beli soket 6 kaki yang banyak tersedia di toko onderdil mobil jangan lupa untuk skun kuningan diganti yang bagus tebal. Jika memang bentuk soket masih utuh dan bisa diganti skun kuningannya saja.

Skun Kuningan
Setelah skun diganti jangan lupa untuk rapatkan kembali sela-sela skun dengan menggunakan tang. Masukkan kembali skun dalam soket plastik dan pastikan semua skun dalam soket saling terpasang sempurna! Setelah itu ada baiknya ikat soket dengan kabel ties seperti yang saya lakukan.

Ikat Kabel Ties

Done, Setelah itu pakai kembali motor anda dan cek, Seharusnya soket tidak panas, maksimal hangat itu saja karena pengaruh panas dari mesin.

No comments:

Post a Comment